Simak Tips Traveling Korea Selatan Ini Kalau Mau Liburanmu ...

BandarQQ – Korea Selatan merupakan salah satu tujuan traveling yang digemari oleh banyak orang, terutama beberapa tahun belakangan. Baik mereka yang menyukai K-Drama, film-filmnya, atau artis dan boyband, pasti sangat ingin mengunjungi negeri ini.

Selain dunia hiburan yang sudah merambah ke mancanegara, Negeri Ginseng juga kaya akan kebudayaan, bahkan banyak yang sudah diakui oleh UNESCO dan masuk ke dalam World Heritage Site.

Dengan berlibur ke Korea Selatan, kamu bisa menikmati berbagai macam hiburan dan kebudayaan, dan juga kuliner yang khas dengan kelezatannya.

Simak tips-tips traveling ke Korea Selatan yang bisa kamu ikuti agar perjalanan kamu menyenangkan dan optimal!


1. Pilih Waktu Berkunjung yang Tepat
Di Korea Selatan, terdapat empat musim: semi, gugur, panas, dan dingin. Mayoritas orang biasanya mengunjungi Korsel pada musim semi (bulan Maret – Mei) dan gugur (pertengahan September – awal November).

Jika musim semi identik dengan warna pink dan putih, musim gugur identik dengan warna merah-oranye-kuning dan daun-daun yang berguguran.

Nah, selain untuk mengetahui bahan apa yang cocok dibawa dan digunakan, kamu juga bisa menyesuaikan warna outfit. Cari referensi dan inspirasi outfit dari artis K-Pop kesukaan kamu, lalu sesuaikan dengan tone musim yang sedang berlangsung.

2. Pahami Sistem Subway di Korea
Sama dengan negara maju lainnya seperti Jepang, sistem kereta bawah tanah Korea Selatan terbilang cukup bagus dan efisien. Pada awalnya mungkin kamu akan sedikit kebingungan.

Tetapi, jika kamu setidaknya ingat tempat tujuan dan nomor line kereta, perjalanan kamu akan lancar-lancar saja.

Beli T-money untuk mempermudah perjalanan, agar tidak perlu membeli kartu single-trip ketika ingin bepergian menggunakan subway.

Jika sebelum pulang masih terdapat nominal di kartu T-Money, kamu bisa melakukan refund yang dipotong 500 KRW untuk service fee.

3. Pilih Tempat Penginapan Strategis
Ketika berlibur ke Korea Selatan, kamu harus mencari penginapan yang strategis dan sesuai dengan budget.

Tentukan juga, apakah kamu ingin menginap di hotel, apartemen, atau rumah yang disewakan Terdapat beberapa rekomendasi lokasi penginapan berdasarkan kebutuhan:

Myeongdong
Lokasi ini merupakan tempat perbelanjaan dengan berbagai merk-merk ternama baik untuk pakaian maupun make up, juga restoran, kafe, dan pedagang kaki lima. Jika kamu ingin banyak berbelanja di Korea, tempat ini sangat tepat untukmu.

Insadong
Jarak dari wilayah ini ke beberapa tempat wisata seperti Istana Gyeongbokgung, Istana Changdeokgung, dan desa Bukchon Hanock dapat ditempuh dengan berjalan kaki saja.

Selain itu, di wilayah Insadong juga terdapat banyak toko tradisional, butik, restoran, kafe, dan kedai teh.

Hongdae
Dengan adanya Universitas Hongik di Hongdae dan kehidupan perkuliahannya, sekitar wilayah ini jadi terasa sangat menyenangkan. Terdapat toserba seperti 7-Eleven dan GS25 yang dapat dijangkau dengan mudah.

Sehingga kamu bisa memasak sendiri hidangan di rumah, apartemen, atau hotel tempat kamu menginap.

Itaewon
Jika sebelumnya sudah disebutkan wilayah yang termasuk sepi dan tentram, Itaewon merupakan kebalikannya.

Itaewon cocok untuk kamu yang menyukai ingar-bingar kehidupan malam, dengan berbagai pilihan toko dan restoran internasional.

Selain itu, berhubungan dengan poin sebelumnya, kalau bisa cari penginapan yang masih terjangkau dari sekitar stasiun kereta agar perjalanan kamu jadi lebih mudah.



4. Sewa Wi-fi Pocket
Jika dibandingkan dengan SIM Card luar negeri, memang harga Wi-Fi pocket cukup lebih mahal. Tetapi, produk ini sangat memudahkan dan jatuhnya lebih murah jika kamu sedang bepergian bersama kerabat atau keluarga.

Jika kamu pergi secara berkelompok, produk ini sangat direkomendasikan, karena biasanya bisa digunakan untuk beberapa perangkat sekaligus.

Kamu bisa tetap update selfie ketika traveling ala artis KPop idola, tanpa perlu bolak-balik mengganti kartu.

5. Ikuti Tur dan Beli Paket Istana
Untuk kamu yang baru pertama kali pergi ke Korea Selatan dan ingin mengunjungi banyak tempat, kamu bisa mengikuti tur berbayar yang beragam. Biasanya, tur-tur ini dibedakan berdasarkan musim dan kegiatan yang dilakukan.

Beberapa paket tur yang ditawarkan antara lain adalah ke:

Pulau Nami, Petite France, dan Gangchon Rail Park
DMZ (Demilitarized Zone) untuk mengunjungi wilayah pemisah antara Korea Selatan dan Utara
Taman rekreasi terbesar di Korea Selatan: Everland dan Lotte World
Oak Valley Snow Park untuk bermain ski dan berseluncur (ketika musim dingin)
Benteng Hwaseong yang masuk ke dalam situs warisan dunia UNESCO
Festival bunga sakura di musim semi
Jika ingin mengunjungi banyak istana yang ada di Korea Selatan, disarankan untuk membeli paket tiket istana yang sudah terintegrasi. Kamu bisa mengunjungi istana-istana utama.

Seperti Changdeokgung, Changgyeonggung, Deoksugung, Gyeongbokgung, dan bahkan kuil Jongmyo. Tiket ini biasanya berlaku selama 3 bulan dari tanggal pembelian.

Harga yang ditawarkan jelas lebih murah jika dibandingkan dengan membeli satuan tiket.

pelindung koper
Khawatir koper cepat kotor atau bahkan rusak? Pakai pelindung koper pilihan di sini!

6. Kunjungi Restoran Khas Korea
Ketika mengunjungi Korea, pasti yang menjadi salah satu tujuan utamanya adalah untuk menikmati kuliner khas dari negara ini. Salah satu hidangan khas yang paling banyak peminat adalah Korean BBQ atau Gogigui.

Selain Gogigui, ada banyak juga lho, hidangan khas Korea yang patut untuk dicoba. Beberapa hidangan tersebut adalah naengmyeon, kalguksu, jokbal, ganjang gejang, dan variasi makanan yang disajikan di kedai kaki lima.

7. Buat Itinerary yang Terperinci
Baik berlibur sendiri atau bersama orang tersayang, itinerary merupakan hal yang perlu dipikirkan secara terperinci, terutama jika pergi ke tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya.

Lakukan banyak riset di internet mengenai tempat apa saja yang ingin dikunjungi, jarak dari tempat penginapan, harus menggunakan moda transportasi apa, dan banyak rincian lainnya.

Meskipun terkadang tidak selalu sesuai jadwal yang tertera di itinerary awal, setidaknya kamu punya gambaran mengenai tempat yang ingin dikunjungi dan penjadwalan secara garis besarnya saja.

8. Manfaatkan Aplikasi Maps di Smartphone
Di Korea, banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi dan melakukan kegiatan menyenangkan. Nah, untuk membuat itinerary yang jelas dan terperinci, kamu bisa menggunakan aplikasi seperti Google Maps.

Aplikasi ini bisa digunakan untuk melihat tempat menarik yang ingin dikunjungi, jarak tempuh dari satu tempat ke tempat lain, dan juga untuk mengetahui arah ketika sedang ingin berjalan kaki mengelilingi kota.

Jika sudah mengetahui lokasi semua tempat yang ingin dikunjungi, kamu bisa membuat jadwal harian untuk tempat yang berada di satu area atau jarak tempuhnya tidak begitu jauh.

Hal ini bisa dilakukan untuk menghindari jadi terlalu lelah karena terlalu lama di perjalanan.

9. Lakukan Budgeting
Budgeting juga berkaitan dengan pembuatan itinerary lho, Toppers. Ketika kamu sudah tahu ingin pergi ke mana saja, menggunakan moda transportasi apa, dan menginap di mana, kamu bisa lebih mudah untuk mengetahui biaya yang dibutuhkan untuk perjalanan ini.

Beberapa biaya yang sangat penting untuk dipikirkan antara lain: hotel, transportasi, makanan atau kunjungan ke restoran, dan SIM Card atau Wi-Fi pocket untuk menggunakan internet di luar negeri.

Siapkan juga budget ekstra, agar ketika ada kejadian tidak terduga kamu sudah aman.

10. Daftarkan Dirimu di Asuransi Perjalanan
Ketika sedang bepergian apalagi ke luar negeri, banyak hal tidak terduga yang bisa saja terjadi. Kalau sampai jatuh sakit tiba-tiba atau mengalami kecelakaan ketika sedang traveling, pasti kamu akan membutuhkan biaya tambahan untuk membayar tagihan rumah sakit.

Agar kantong tidak langsung kering karena mengalami kejadian tidak terduga saat traveling, kamu bisa melindungi diri dan keluarga dengan menggunakan asuransi perjalanan yang akan menutupi biaya tagihan rumah sakit yang harus dibayarkan.


Itu dia beberapa tips liburan ke Korea Selatan. Kamu bisa ikuti berbagai tips di atas agar perjalanan ke Korea tetap lancar jaya dan menyenangkan pastinya!