Jumlah penumpang naik, maskapai penerbangan tambah pesawat
Traveling: Sebelum traveling menggunakan pesawat, ada sejumlah hal yang perlu Anda ketahui untuk dipersiapkan dengan matang. Hal ini diperlukan dalam era new normal atau kenormalan baru sebagai langkah protokol kesehatan dalam pandemi covid-19.
Salah satunya, bawalah selalu pena ketika hendak melakukan penerbangan ke luar negeri. Sebab, Anda akan membutuhkan pena untuk mengisi formulir imigrasi. Berikut hal lain yang perlu dipahami.
  1. Jangan berharap penerbangan sepi saat puncak liburan
Kerumunan yang lebih besar menyebabkan situasi parkir dan drop-off yang lebih kacau di bandara, serta waktu menunggu lebih lama di pos pemeriksaan keamanan. Maka, rencanakan dengan tepat.
Umumnya, bandara paling ramai pada hari Senin pagi dan Jumat sore, karena hari-hari ini menanggung beban perjalanan bisnis. Jangan juga berharap bahwa hari Jumat akan sepi di bulan-bulan musim panas, karena itulah saat puncak perjalanan rekreasi. Minggu sebelum Malam Natal dan Tahun Baru juga puncak ramainya bandara.
  1. Jangan bungkus cairan jauh di dalam barang bawaan
Pakai kantong ziploc untuk mengemas cairan di dalam saku luar tas jinjing Anda, ini mempermudah diri Anda ketika berada di pos pemeriksaan keamanan. Lakukan hal yang sama dengan tempat khusus untuk Laptop dan tablet termasuk.
  1. Simpanlah hal-hal penting dalam genggaman
Jika tas Anda yang diperiksa hilang atau tertunda, adalah hal wajib untuk membawa barang-barang penting Anda ke dalam tas yang selalu berada di genggaman Anda. Misalnya, menggunakan tas kecil atau ransel.
Mulailah dengan memasukkan obat-obatan pribadi, charger handphone, pakaian ganti, dan dokumen yang diperlukan setiap melewati keamanan dan masuk ke hotel. Apa yang bisa Anda bungkus dalam tas jinjing berbeda dari apa yang bisa Anda bungkus dalam tas yang lebih besar.
  1. Ukur barang bawaan Anda sebelumnya
Karena persyaratan bawaan bervariasi menurut masing-masing maskapai, perhatikan aturan dari maskapai pesawat yang akan Anda gunakan. Data ini bisa Anda peroleh dari situs atau website resmi maskapai tersebut. Kemudian, ukurlah tas Anda sebelum Anda berkemas agar tidak melebihi kapasitas yang disediakan pesawat.
  1. Pilihlah kursi yang tepat
Saat memesan tiket pesawat secara online dan Anda diberikan kesempatan memilih kursi, pilihlah posisi yang tepat. Tiket kelas satu tidak menjadi jaminan Anda akan terhindar dari mabuk. Jika Anda sering kali mengalami mabuk kendaraan atau sedang dalam kondisi yang tidak fit sepenuhnya, maka pilihlah kursi di bagian tengah.
"Sebuah pesawat seperti jungkat-jungkit. Jika Anda berada di tengah, Anda tidak banyak bergerak," tutur Patrick Smith, pilot dan penulis Cockpit Confidential kepada Reader's Digest. Siapkan minimal H-1 sebelum Anda berangkat. Serta jangan lupa untuk membuat list sebelum bepergian. Dengan mengetahui ke mana saja Anda pergi, Anda tak salah kostum.